Kesimpulan 4 Pilihan Instalasi | Pada Windows Server 2016

Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,


     Sebelumnya kita sudah mencoba untuk menginstalasi windows server 2016 dalam bentuk Core to Gui maupun langsung ke Gui. Nah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membuat kesimpulan dari 4 edisi/versi yang tersedia dalam instalasi windows server 2016. Berikut penjelasannya.




1. Windows Server Standar Evaluation (Core)
Windows versi ini tampilannya bersifat CLI (berupa teks/script). Jadi jika kita menggunakan windows versi ini alangkah baiknya kita segera mengubahnya ke server Gui. Hal yang sulit di windows versi ini kita harus teliti terhadap perintah perintahnya. Karena jika salah sedikit saja sistem tidak akan berjalan.

2. Windows Server Standar Evaluation (Gui)
Pada windows versi ini tampilannya lebih mudah yaitu sudah berupa desktop. Windows ini sudah dilengkapi dengan tampilan gambar dan lebih colourfull. Namun kelemahannya adalah memakan banyak ruang penyimpanan. Sehingga kita harus menyiapkan memori yang cukup besar untuk windows versi ini.

3. Windows Server DataCenter Evaluation (Core)
Windows server datacenter memiliki keunggulan dibanding standar evaluation yaitu dalam segi performa dan dalam jumlah lisensi virtual. Pada versi ini memiliki izin unlimited lisensi (tidak ada batasan) walaupun versi ini masih berbasis CLI (teks).

4. Windows Server DataCenter Evaluation (Gui)
Versi windows ini bisa dibilang paling update,lengkap dan nyaman. Hal ini dikarenakan versi ini merupakan gabungan dan pembenahan dari 3 versi yang lain. Pada versi ini tampilan bersifat dinamis dan colourfull dengan bentuk desktop ditambah dengan keunggulan dalam segi performa dan jumlah lisensi virtual yang tidak ada batasan.


SEKIAN
TERIMA KASIH
WASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH 



Komentar