Konfigurasi Wireless Protokol | Pada MikroTik

Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,



     Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang MikroTik wireless protocol. Di mana disini kita akan melakukan beberapa konfigurasi yaitu seperti nstreme, nstreme dual, nv2, dan VAP. Bagaimana konfigurasinya, apa saja yang bisa dikonfigurasi, berikut adalah langkah langkahnya.


A. Nstreme

Oke kali ini kita akan membahas tentang MikroTik Wireless Protokol Nstreme. Sebelumnya kita harus tau apa itu nstreme? Nstreme adalah wireless protocol yang MikroTik's proprietary (protocol yang tidak kompatibel dengan vendor lain), yang digunakan untuk meningkatkan kerja jaringan wireless point to point. Berikut konfigurasinya.

(AP Side)

1. Seperti biasa terlebih dahulu tambahkan dan aktifkan wlan 1 lalu klik 2x.



2. Pada table interface wlan1 lalu klik bagian nstreme. Kita centang atau ceklis pada  enable nstreme dan enable polling. Setelah itu klik apply dan klik OK.



3. Ganti wireless protokolnya dengan nstreme pada tab wireless. Lakukan pada AP dan Station. Setelah itu apply dan OK.



(CLIENT Side)

4. Klik bagian Tools dan pilih Bandwith test untuk mengecek kecepatan koneksi jaringan.



5. Kita lakukan bandwith test pada client. Caranya kita masukkan ip server (AP) pada bagian test to dan juga masukkan user dan password jika ada. Setelah itu kita klik start. Jika berhasil maka traffic akan running atau berjalan seperti dibawah ini. Bisa kita lohat kecepatan transfernya antara 2-5 mbps.



6. Kita lakukan juga cek traffic pada AP maupun client. Caranya kita ke wireless table lalu klik 2x pada wlan1. Kita klik bagian traffic. Setelah itu kita lihat trafficnya running atau tidak. Jika running maka berhasil. 
  • AP Side
  •  CLIENT Side



B. Nstreme Dual

Pada kesempatan ini saya kembali akan membahas tentang MikroTik wireless protocols. Dimana kali ini kita akan melanjutkan pembahasan yaitu melakukan konfigurasi nstreme dual. Nstreme dual memanfaatkan keunggulan nstreme (polling based) namun menggunakan 2 interface sekaligus yaitu 1 sebagai TX dan satu lagi sebagai RX. Untuk menjalankan nstreme dual mikrotik harus mempunyai 2 interface wireless. Berikut penjelasannya.

1. Sebelumnya kita harus buat jaringan point to point (PTP). Kemudian ke interface wireless table. Klik icon (+) pada posisi pojok kiri atas lalu klik Nstreme dual.



2. Kemudian akan muncul table seperti ini. Kita pilih bagian nstreme dual. Pada bagian Tx radio kita pilih wlan1 dan pada Rx radio kita pilih wlan2. Namun karena mikrotik yang saya gunakan hanya memiliki 1 interface wireless maka pada Rx radio hanya ada pilihan wlan1. Jika sudah klik apply dan klik OK.



3. Dikarenakan saya menggunakan mikrotik RB941-2nD yang hanya memiliki 1 interface wireless dan pada konfigurasi nstreme dual harus memiliki 2 interface wireless, maka pembahasan kita sampai sini saja.



C. NV2

Oke kembali lagi dalam blog saya. Pada kesempatan kali ini kita masih membahas tentang wireless protocol. Dimana kali ini kita akan melakukan konfigurasi wireless protokol NV2. Sebelumya ada yang tau apa itu NV2? NV2 adalah wireless protokol yang dikembangkan oleh MikroTik untuk penggunaan Atheros 802.11 wireless chips. Bagaimana cara konfigurasinya? Berikut adalah langkah langkahnya.

(AP Side)

1. Sebelumnya kita harus membuat jaringan wireless PTP (Point To Point). Kemudian klik 2x pada wlan1. 



2. Kita lakukan penyettingan dengan memilih mode bridge dan band 2GHz-B/G/N. Kemudian masukkan SSID dan Radio name jika kita sudah membuatnya. Yang terpenting pada wireless protokol kita ubah menjadi nv2. Setelah itu kita klik apply dan OK.



(CLIENT Side)

3. Klik bagian Tools dan pilih Bandwith test untuk mengecek kecepatan koneksi jaringan.



4. Lakukan bandwith test pada client. Bandwith test ada pada bagian tools. Kita masukkan ip server (AP) lalu masukkan usernya admin. Tinggal klik start. Jika running maka trafficnya akan berjalan. Bisa kita lihat bahwa nv2 kecepatan transfernya lebih cepat dibanding nstreme.




D. Virtual Access Point (VAP)

Kali ini kita akan melanjutkan pembahasan tentang MikroTik wireless protokol. Pada kesempatan kali ini kita akan melakukan konfigurasi VAP. Apa itu VAP? VAP merupakan kepanjangan dari Virtual Access Point. VAP interface digunakan untuk membuat AP tambahan dari satu interface wireless yang ada di mikrotik. Pada VAP kita tidak membutuhkan client. Berikut konfigurasinya.

1. Pada wireless table kita klik icon (+) pada pojok kiri atas lalu pilih virtual. 



2. Akan muncul table seperti ini. Kita pilih mode ap bridge lalu masukkan SSID dan pada master interface pilih wlan1. Masukkan security profile Settingan selebihnya default seperti dibawah ini. Kemudian kita klik apply dan OK. 
  • SSID 1 = Kepsek
  •  SSID 2 = Guru
  •  SSID 3 = Siswa


3. Kemudian coba kita scan. Jika berhasil maka akan terlihat SSID yang kita buat.




SEKIAN
TERIMA KASIH
WASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH



Komentar