Konfigurasi Data Rates | Pada MikroTik

Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,



     Pada kesempatan kali ini kita akan melakukan konfigurasi data rate. Apa itu data rate? Data rate adalah sebuah nilai yang menggambarkan seberapa banyak data digital yang dapat dipindahkan dari suatu lokasi ke lokasi lainnya dalam satuan detik. Sebelumnya kita harus membuat jaringan point to point terlebih dahulu. Berikut konfigurasinya.

(AP Side)

1. Pertama kita ke wireless table dan jangan lupa aktifkan wlan1 lalu klik 2x. Kita ubah band menjadi 2GHz-B. Modenya AP Bridge, lalu masukkan SSID, Radio name dan security profile. Lalu klik apply dan klik OK.



2. Kita klik pada bagian data rates lalu lakukan konfigurasi seperti ini. Secara default pada bagian data rates ini semua kolom pada type B dan A/G akan ceklis. Maka dari itu kita atur mana saja yang diceklis dengan klik configure lalu atur seperti dibawah ini. Tinggal klik apply dan klik OK.



(CLIENT Side)

3. Kita lihat di registration pada client. Kita lihat pada bagian TX dan Rx.



4. Kita cek pada client apakah data rates berhasil di konfigurasi atau belum. Pertama kita ke home lalu pilih bagian tools dan klik bandwith test.



5. Maka akan muncul table seperti ini. Kita masukkan ip server (AP) pada bagian Test To. Lalu pada protocol kita pilih UDP. Masukkan user atau nama dari AP dan jika ada password maka masukkan password. Setelah itu Klik start. Kita lihat statusnya running atau tidak pada bagian paling bawah. Jika running maka traffic akan berjalan. 



6. Sampai situ proses konfigurasi data rates sudah selesai.



SEKIAN 
TERIMA KASIH
WASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH



Komentar