Konfigurasi WEP Encryption Dan WPA Encryption | Pada MikroTik

Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,




     Kembali lagi dalam blog saya. Kali ini kita akan membahas tentang wireless security. Dimana kita akan melakukan konfigurasi WEP Encryption dan WPA Encryption. Kedua fitur tersebut berfungsi untuk membuat network kita agar lebih aman dan lebih secure. Berikut konfigurasinya.

WEP Encryption

1. Kita terlebih dahulu tambahkan dan aktifkan wlan1 lalu klik 2x. 



 2. Kita klik bagian security profiles lalu klik icon (+) pada bagian pojok kiri atas. Maka akan muncul table seperti ini. Kita buat name securitynya dan ubah mode nya menjadi static key karena kita akan menyetting WEP. Setelah itu tinggal klik OK.



3. Kita pindah ke sub static keys. Kita pilih pada key 0 yaitu 40bit wep lalu masukkan passwordnya di sebelah kanan key 0. Pada WEP kita akan disuguhkan dengan persyaratan yang rumit untuk membuat passwordnya. Setelah itu kita klik apply dan klik OK. 



4. Kita kembali ke wireless table lalu klik 2x pada wlan1. Pada security profile kita ubah dengan nama security yang sudah kita buat tadi lalu klik apply dan klik OK.




WPA Encryption

 1. Seperti biasa kita masuk terlebihdahulu ke wireless table lalu klik bagian security profile dan klik icon (+) pada pojok kiri atas.



2. Kita buat name securitynya lalu kita pilih mode dynamic keys. Perbedaan antara WEP dan WPA yaitu pada bagian mode. Kita ceklis pada kolom seperti yang terlihat dibawah ini. Kita masukkan password pada WPA Pre-shared key dan ulangi passwordnya pada WPA2 pre-shared key. Kita klik apply dan klik OK.



3. Kembali ke wireless table lalu klik 2x pada wlan1. Pada security name kita masukkan nama security yang sudah kita buat tadi. Tinggal klik apply dan klik OK.



SEKIAN
TERIMA KASIH
WASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH



Komentar