Konfigurasi FSRM | Instalasi File Server Resource Manager | Pada Windows Server 2016

Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,



     Kembali lagi di blog saya, pada kesempatan ini saya akan sedikit memberikan sedikit tutorial mengenai pelajaran Administrasi Sistem Jaringan yaitu cara konfigurasi File Server. Dimana File Server ini hampir sama dengan FTP Server, namun ada perbedaan dan diantara kedua fitur tersebut terdapat kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu kita harus tau terlebih dahulu apa itu File Server? Apa saja fitur yang terdapat pada File Server? Dan bagaimana konfigurasinya? Berikut penjelasannya. Semoga bermanfaat.

Pengertian File Server

File Server Resource Manager (FSRM) adalah sebuah fitur yang terdapat pada windows server yang berfungsi untuk memanajemeni dan mengelola jumlah file (isi), type file, batasan waktunya dll. Dengan fitur ini kita bisa menentukan jenis file dan membatasi jumlahnya untuk disimpan sehingga kita bisa memaksimalkan ruang penyimpanan pada hardisk.

Hal yang bisa dilakukan pada file server
  1. Membuat kuota, yaitu dengan memberikan batasan jumlah folder atau file yang boleh disimpan sehingga kita bisa memaksimalkan storage hardisk.
  2. Membatasi jenis file yang tersimpan, yaitu dengan memilah atau mengatur type file yang mana saja yang dibolehkan untuk disimpan dan mana yang tidak dibolehkan. Sehingga kita bisa meminimalisir file-file atau folder yang dibutuhkan saja.
  3. Membatasi waktu tersimpannya file atau data, yaitu dengan memberikan masa file expirednya. Misal ketika file atau data tersebut hanya kita gunakan selama setahun, maka dengan fitur ini ketika waktunya sudah habis secara otomatis file atau data-data tersebut akan hilang atau terhapus.
  4. Memberikan laporan berkala, yaitu kita dapat mengetahui mengenai informasi semua file atau data-data yang tersimpan,terhapus,file yang kadaluarsa dll. Sehingga kita bisa mengecek file-file atau datanya setiap waktu.
Berikut Konfigurasinya :

1. Pastikan kita sudah melakukan konfigurasi DHCP. Hal ini dilakukan agar client bisa mendapatkan ip secara otomatis yang satu network dengan server sehingga antara server dengan client bisa terkoneksi. Buka server manager, lalu klik add roles and features. 


2. Pada bagian before you begin kita tinggal klik next saja. Pada bagian ini hanya berisi keterangan atau sekedar informasi saja bahwa sebelum kita memulai konfigurasinya, kita harus pastikan bahwa hal ini sudah kita atur :
  • Administrator sudah memiliki password yang aman 
  • Mengatur network settings (ip)
  • Pastikan bahwa windows server sudah terinstal dengan aman dan baik 


3. Pada instalation type kita pilih role-based or feature-based instalation yang artinya bahwa kita akan melakukan konfigurasi pada satu server (single server), lalu klik next.


4. Pada bagian server selection kita tinggal klik next saja. Pada bagian ini hanya berisi informasi nama komputer, ip address dan sistem operasi yang kita gunakan.


5. Pada bagian server roles kita klik pada file and storage services maka akan ada banyak pilihan fitur yang tersedia. Kita pilih File Server Resource Manager untuk menambahkan fitur tersebut lalu next.


6. Maka akan muncul pop up yang berisi apakah kita ingin menambahkan fitur tersebut. Kita klik add features karena kita ingin menambahkan fitur itu.


7. Pada bagian features hanya berisi tambahan tambahan fitur yang lain. Karena tidak ada fitur yang kita butuhkan lagi, maka tinggal klik next saja.


8. Pada bagian confimation berisi informasi spesifikasi fitur yang sudah kita pilih. Maka dari itu kita harus menginstal fiturnya terlebih dahulu dengan meng klik install.


9. Pada bagian results Kita tinggal klik close setelah proses instalation selesai. Sampai sini proses instalasi File Server Resource Manager (FSRM) sudah selesai.




Sekian,
Terima Kasih
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.



Komentar