Konfigurasi FSRM | File Management Tasks | Pada Windows Server 2016

Bismillahirrahmanirrahim,

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,



     File Management tasks adalah fitur baru dalam konsol FSRM. Tugas-tugas Manajemen File dapat dijalankan di luar kotak pada sistem Windows Server 2008 R2, baik untuk mengakhiri file-file rahasia yang memenuhi kriteria tertentu, dengan memindahkan file-file ini ke lokasi folder yang ditentukan, atau untuk melakukan tugas kustom. Ini dapat menjadi alat yang berguna untuk memindahkan file secara otomatis yang belum diakses dalam jangka waktu yang lama. Atau, dalam kasus data sensitif, seperti file yang mungkin berisi kata sandi, alat ini dapat digunakan untuk membuat skrip khusus untuk memindahkan file rahasia ke folder yang sudah ditentukan dan diamankan, dan meninggalkan tautan atau catatan di lokasi asli untuk menginstruksikan setiap pengguna tentang cara mendapatkan kembali akses ke file itu.

Berikut konfigurasinya :

1. Pada server manager kita buka File Server Resource Manager, lalu pilih file management task, kemudian klik create file management task.




2. Pada tab general isikan task name sesuai keinginan. Disini saya isi dengan file document download. Isikan juga deskripsinya.



3. Pada tab scope klik add untuk menambahkan folder yang dijadikan sebagai file yang akan dimanage. Letakan arah path nya sesuai keinginan anda. Biasanya file download  tersimpan pada drive C. Jadi file yang ada disini akan dimanage sesuai schedule dan akan hilang serta dipindahkan ke drive yang akan dipilih.



4. Pada tab action ada 3 type file yang bisa kita pilih. Disini saya memilih file expiration. Lalu klik browse untuk mencari file yang akan kita gunakkan sebagai tempat untuk meletakkan file expired sebelum dihapus. Disini saya membuat foldernya dengan nama file expired.



5. Pada tab notification kita klik add untuk menambahkan satu notifikasi pada saat pengiriman file. 



6. Kita pilih tab event log lalu ceklis pada send warning to event log. Kita ganti advanced notification menjadi 0. defaulnya 15. Setelah itu klik OK.



7. Maka akan muncul datanya seperti ini. Pada bagian event log akan diceklis.



8. Pilih tab report, kita ceklis bagian HTML.



9. Pilih tab condition, lalu ceklis pada kolom ketiga tiganya yang memberikan keterangan hari.



10. Pilih tab schedule, kemudian tentukan jadwal pengecekan data expirednya. Disini saya pilih setiap minggu pada hari senin jam 12.00 dilakukan pengecekan. Lalu klik OK.



11. Bisa kita lihat data dokumen yang sudah kita buat sudah ada.



12. Jika kita ingin mendownload suatu aplikasi atau semacamnya maka file tersebut akan tersimpan pada drive C -> download.



VERIFIKASI



13. Klik kanan pada file yang sudah kita buat tadi yang terdapat pada file management task. Lalu pilih run file management tasks now.




14. Maka akan muncul pop up seperti berikut. Kita pilih wait for the task to complete lalu klik OK.



15. Tunggu sampai proses loading selesai.



16. Maka secara otomatis akan muncul laporan file data dalam bentuk HTML yang berisi file tadi.



17. Kita cek pada drive C -> download maka file file yang tadi akan hilang, kemudian kita buka pada folder file -> file expired, maka data data expired akan tersimpan disitu dan akan ada waktu kadaluwarsanya.



18. Kita coba cek pada tools lalu pilih event viewer.



19. Maka akan ada notifikasi data data expired seperti dibawah ini.






SEKIAN 
TERIMA KASIH
WASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH



Komentar